Akbarpost/Kabupaten Pinrang terletak 185 km dari kota Makassar arah utara yang berbatasan dengan Kabupaten Polawali Mandar Provinsi Sulawesi Barat, luas wilayah 1.961,77 km2 yang terbagi ke dalam 12 Kecamatan, meliputi 68 desa dan 36 kelurahan.

Untuk penamaan Pinrang sendiri terdiri dari dua versi menurut masyarakat sekitar. Versi pertama menyebut Pinrang berasal dari bahasa Bugis yaitu kata "Benrang" yang berarti "air genangan" bisa juga berarti "rawa-rawa". Hal ini disebabkan pada awal pembukaan daerah Pinrang masih berupa daerah rendah yang sering tergenang dan berawa.

Versi kedua menyebutkan bahwa ketika Raja Sawitto bernama La Dorommeng La Paleteange, bebas dari pengasingan dari kerajaan Gowa. Kedatangan disambut gembira namun mereka terheran karena wajah raja berubah dan mereka berkata "Pinra bawangngi tappana puatta pole Gowa", yang artinya berubah saja mukanya Tuan Kita dari Gowa. Setelah itu rakyat menyebut daerah tersebut sebagai Pinra yang artinya berubah, kemudian lambat laun menjadi Pinrang.

Sumber lain mengatakan pemukiman Pinrang yang dahulu rawa selalu tergenang air membuat masyarakat berpindah-pindah mencari pemukiman bebas genangan air, dalam bahasa Bugis disebut "Pinra-Pinra Onroang". Setelah menemukan pemukiman yang baik, maka tempat tersebut diberi nama: Pinra-pinra.

Pinrang memiliki garis pantai sepanjang 93 Km sehingga terdapat areal pertambakan sepanjang pantai, pada dataran rendah didominasi oleh areal persawahan, bahkan sampai perbukitan dan pegunungan. Kondisi ini mendukung Kabupaten Pinrang sebagai daerah Potensial untuk sektor pertanian dan pariwisata.

Pengen tahu wisata apa saja yang ada di Pinrang, yuk kita intip beberapa tempat wisata yang menarik untuk di kunjungidibawah ini

Permandian Air Panas Lemosusu Pinrang
Permandian Air Panas Lemosusu merupakan obyek wisata yang terkenal di kota lembang,Berada di atas lahan seluas 20 hektar dengan fasilitas yang tersedia. Antara lain kolam renang,bangunan-bangunan peristirahatan, tempat karaoke dan lain-lain. Permandian air panas ini berada di kawasan menuju arah PLTU Bakaru,sekitar 12 km dari Pinrang. Permandian ini memiliki panorama alam yang sangat menawan.

Air panas alami dari permandian ini berasal dari dalam kaki gunung.Disamping selain sebagai tempat relaksasi dan rekreasi, air panas ini kerap dijadikan obat untuk menerapi tubuh agar terhindar dari rasa letih. Pemandian Air Panas ini juga memiliki udara yang sejuk, bunga-bunga, pepohonan yang rindang yang pastinya menambah cantik suasananya.

Air Terjun Sarassa Pinrang
Air terjun Sarassa merupakan salah satu surga tersembunyi yang berada dibalik gunung yang seketika membuat kagum, suara gemercik air terjun begitu terdengar setelah memasuki kawasan air terjun ini, pesona alam yang begitu menawan ditambah nuansa alam yang masih alami membuat air terjun ini memang layak untuk dikunjungi.

Air terjun ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri karena jatuh dari ketinggian sekitar 70 meter dari tebing batu, terdapat dua air terjun berdampingan yang jatuh pada aliran sungai yang sama.Jarak antara kedua air terjun itu sekitar 200 meter.

Rumah Adat Saoraja Pinrang
Wisata Rumah Adat Saoraja merupakan obyek wisata budaya yang terkenal di kota Pinrang dan sekitarnya, Rumah Adat ini mempunyai 101 tiang dengan berat setiap tiangnya mencapai 2 ton. Tiang rumah adat ini terbuat dari kayu ulin. Tak hanya menawarkan wisata budaya saja tapi juga wisata alam.

Rumah adat ini dikelilingi persawahan yang semakin menambah nuansa alam saat berada di lokasi. Akses menuju kawasan rumaha adat ini tak sulit. Kondisi jalan sudah diaspal dengan kontur perbukitan.

Air Terjun Kaba-Kaba Pinrang
Air Terjun Kaba-Kaba merupakan salah satu surga tersembunyi yang berada dibalik gunung yang seketika membuat saya kagum atas ciptaan Tuhan, suara gemercik air terjun akan terdengar disaat memasuki kawasan air terjun ini, pesona alam yang begitu indah ditambah nuansa alam yang masih terjaga.

Akses menuju air terjun ini, tak sulit namun membutuhkan tenaga untuk berjalan kaki sekitar 45 menit melewati hutan dan bebatuan yang licin, namun rasa lelah akan terbayarkan ketika mendengar suara gemercik air terjun ditambah suara kicauan burung yang menghuni kawasan air terjun ini.

Wisata Air Terjun Karawa Pinrang

Wisata Air Terjun Karawa merupakan obyek wisata alam yang sangat terkenal di kota kota Pinrang dan sekitarnya. Selain airnya yang jernih serta suasana alam masih asri dan sejuk, juga karena pemandangan menuju lokasi air terjun ini begitu eksotis dan cocok untuk rileksasi diri.

Pada akhir pekan, lokasi air terjun yang asri dan sejuk ini banyak dipadati warga dan siswa untuk merileksasi diri. Air terjung ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter lebih yang berada dipuncak Gunung Karawa.

Untuk menuju lokasi ini wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 1 kilometer dari jalan kecamatan. Jalan yang menanjak dan menantang membuat pengunjung kerap singgah untuk beristirahat karena perjalanan cukup melelahkan.

Namun kelelahan itu terobati setelah menikmati dinginnya air terjun ini yang dikelilingi bebatuan dan pepohonan yang asri dan rindang. Jalanan menuju ke air terjun pun dapat dilalui sepeda motor. Namun pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat harus rela berjalan kaki sejauh 1 kilometer karena kendaraan tak bisa sampai ke lokasi.

Pemandian Air Panas Sulili Pinrang
Wisata Permandian Air Panas Sulili merupakan permandian air panas alami yang terletak di Sulili, Kelurahan Mamminasae menjadi salah satu objek wisata favorit yang ramai dikunjungi warga pasca liburan ataupun hari minggu.

Lokasinya yang hanya berjarak belasan kilometer dari kota membuat obyek wisata alam ini paling diminati warga. Berendam di kolam air panas alami yang kaya belerang dipercaya warga bisa membuat badan terasa bugar dan sehat serta bisa menyembuhkan beragam penyakit kulit seperti gatal-gatal.

Rumah Makan Terapung Malimpung Pinrang
Wisata Rumah Makan Terapung Malimpung merupakan wisata kuliner yang sangat terkenal di kota Pinrang sulawesi selatan. Rumah makan terapung itu menyediakan beraneka ragam makanan khas seperi bebek nasu palekko, bebek goreng, dan bebek panggang. Pokoknya makanan disini sangat lezat.

Tempat makan ini terletak di Jl. Emmy Saelan, Kel. Benteng Sawitto, Kec. Paleteang. Rumah makan ini memiliki konsep lesehan, dengan menu menggugah selera.

Pantai Maroneng Pinrang
Wisata Pantai Maroneng merupakan obyek wisata pantai yang sangat di gemari oleh masyarakat pinrang dan sekitarnya, masyarakat desa Maroneng berprofesi sebagai petani tambak dan nelayan, Keunikan dari Pantai Maroneng adalah memiliki garis pantai terpendek hanya sekitar 1kilometer diapit oleh dua muara sungai.

Di pantai ini juga disediakan fasilitas seperti kolam renang bermain untuk anak-anak, bebek-bebek, kolam pemancingan, serta beberapa gasebo untuk tempat pengunjung, mushollah, serta kamar mandi ganti bagi para pengunjung yang ingin berenang di pantai.

Air Terjun Kalijodoh Pinrang
Wisata Air Terjun Kalijodoh merupakan obyek wisata alam yang sangat terkenal dengan keindahan panorama alam yang masih alami yang berlokasi sekitar 3 kilometer dari ruas jalan poros Bakaru dengan kondisi jalan yang menanjak.Air terjun ini terletak di dusun Paweleang, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang dengan jarak kurang lebih 56 kilometer dari pusat kota Pinrang. Air terjun ini memiliki empat sumber air, berada pada kawasan yang luasnya sekitar 2 Ha.

Nama Kalijodoh menurut cerita karena pada zaman dahulu sepasang muda-mudi berhasil membina rumah tangga setelah datang ke tempat ini untuk bermustajab, memohon do’a kepada Sang Pencipta untuk dipertemukan jodohnya. Hingga saat ini masyarakat Pinrang masih mempercayai cerita tersebut.

Wisata Lasinrang Park Pinrang
Taman Lasinrang merupakan bagian dari pusat taman kota di Kabupaten Pinrang yang bertempat di jalan Jendral Sudirman, jalan poros Pinrang- Polmas sebelah Timur dari jalan Sukawati pusat perkantoran Pemerintah kabupaten Pinrang,

Di taman ini terdapat patung sosok tokoh pahlawan dari bumi Lasinrang yang menjadi objek karakteristik pemuda dan masyarakat Pinrang, hadirnya taman Lasinrang membuat spirit baru bagi warga. Keindahan Wisata Lasinrang Park di Pinrang Sulawesi Selatan itu sangat ramai di kunjunggi oleh wisatawan menjelang hari minggu ataupun liburan.

Pantai Kappe Pinrang
Wisata Pantai Kappe merupakan obyek wisata pantai yang sangat di gemari oleh masyarakat Pinrang dan sekitarnya.
Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburan ke pantai ini karena,indahnya pemandangan di sekitar pantai,birunya air laut, di padu dengan putihnya pasir di pesisir pantai semakin menambah eloknya pemandangan pantai ini. Selain indahnya pemandangan, di pantai ini pula dapat menyaksikan momen tenggelamnya matahari di sore hari atau sunset.

Pantai Harapan Ammani Pinrang
Wisata Pantai Harapan Ammani merupakan obyek wisata pantai yang menyuguhkan keindahan alami, birunya air laut serta derasnya deburan ombak semakin menambah suasana menarik di pantai ini.

Pantai ini sangat ramai dikunjungi ketika hari minggu ataupun menjelang liburan, banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburan dengan datang, apalagi anak anak juga senang sekali bermain di tepi pantai, dengan membuat istana dari pasir atau ada juga yang bermain volly pantai.

Pantai Jampue Pinrang
Pantai Jampue merupakan obyek wisata pantai yang sangat terkenal di kota Pinrang dan sekitarnya. Di pantai ini pengunjung dapat merasakan indahnya pemandangan alam laut dan hembusan angin sepoi yang membuat suasana menjadi tenang dan damai.

Hamparan pasir putih yang luas dipagari pohon-pohon kelapa menjulang tinggi menambah suasana romantis di pantai ini. Kebanyakan pengunjung yang datang adalah penduduk asli jadi tidak heran jika menemukan suasana lokal yang sangat kental. Sebuah kesempatan yang sangat menarik untuk bisa berinteraksi dengan warga lokal dan mempelajari kebiasaan mereka.

Wisata Alun Alun Pinrang
Wisata Alun Alun merupakan obyek wisata yang sangat di gemari, selain bisa melihat lalu lalang kendaraan kita juga bisa menikmati indahnya pemandangan kota pada malam hari.

Wisata Puncak Karomba Pinrang

Wisata Puncak Karomba merupakan obyek wisata alam yang sangat terkenal. Puncak Karomba di terletak di Dusun Karomba, Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

Puncak Karomba berada di ketinggian 1.200 mdpl. Berada di puncak ini serasa berada diatas awan. Di lereng Karomba terlihat gumpalan awan bak sambung menyambung. Selian itu, disini terdapat pula fasilitas berupa jembatan gantung yang kerap diselimuti gumpalan awan sehingga akan memanjakan pengunjung ketika melintasi jembatan. Seakan berasa berada diluar angkasa.

Wisata Puncak Karomba ramai dikunjungi oleh wisatawan menjelang hari minggu ataupun hari libur, banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya di tempat ini.

Pantai Lowita Pinrang
Wisata Pantai Lowita memiliki keindahan yang mengagumkan, pemandangan di sekitar pantai ini mampu menyihir parawisatawan yang datang dengan pesonanya yang menawan.

Deburan ombak yang berdesir di bibir pantai, birunya air laut serta pemandangan di sekitar pantai semakin menembah keindahan ini. obyek ini biasanya ramai di kunjunggi pada hari minggu atau hari libur. Akses jalan menuju wisata ini juga mudah ditempuh baik naik kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Wisata Air Terjun Salu Baribi Pinrang
Air terjun Baribi merupakan salah satu wisata alam dengan keindahan alam yang masih sangat terjaga, wisata ini terletak letaknya di bawah kaki gunung Tirasa. Untuk sampai kesini di butuhkan waktu kurang lebih 1 jam karena jarak yang cukup jauh dari pusat kota Pinrang , yaitu sekitar 25 kilometer. Air terjun ini terletak di Desa Tapporang, Kec. Batulappa, Kab. Pinrang.

Wisata Air Terjun ini sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang suka berpetualang karena untuk menuju air terjun ini dibutuhkan tenaga yang ektra dan juga di butuhkan tekad yang besar dengan banyak rintangan yang harus di tempuh dalam perjalanan. Namun semuanya akan terobati jika sudah berada di air terjun ini.

Pantai Ujung Tape Pinrang
Wisata Pantai Ujung Tape merupakan obyek wisata pantai yang menjadi tujuan utama bagi masyarakat sekitar. Wisata yang satu ini berbeda dengan pantai pada umumnya,di pantai ini biasanya para wisatawan dapat menikmati indahnya matahari tenggelam.

Selain keindahan pantainya yang terkenal adalah ikan bakarnya yang bisa di pesan di warung warung yang berada di sekitar pantai, sambil menikmati deburan ombak di tambah lagi dengan menyantap ikan bakar segar, semakin menambah suasana menarik di pantai ini.

Wisata Bukit Suppiran Pinrang
Wisata Bukit Suppiran terletak di Desa Suppirang, Kecamatan Lembang. Untuk mencapai puncak ini harus melewati medan yang cukup berat dengan berjalan kaki kira-kira sekitar 2 jam melalui kaki bukit.

Walaupun demikian, setiap perjalanan tidak akan terasa sia-sia karena sepanjang perjalanan dapat menemukan beberapa permukiman warga lokal dan spot-spot menarik seperti hamparan sawah terasering di atas bukit. Jika sudah sampai dipuncak seakan berada diatas awan.

Air Terjun Sarambu Pinrang
Wisata Air Terjun Sarambu merupakan wisata alam yang sangat terkenal di sulawesi selatan, banyak wisatawan baik dari dalam kota maupun dari luar kota berbondong bondong untuk melihat dan menikmati keindahan Wisata Air Terjun ini. Sejuknya udara serta alaminya hutan dan indahnya alam sekitar membuat kehadiran kita disini akan semakin berkesan.

Wisata Pantai Dewata Wakka di Pinrang
Wisata Pantai Dewata Wakka merupakan obyek wisata yang sangat digemari oleh masyarakat Pinrang selain karena hamparan pasir putihnya yang menawan, birunya laut, dan sejuknya hembusan angin sepoi juga karena suasana pantainya yang eksotik. Pantai ini banyak dikunjungi hari libur, apalagi jika berkunjung ke pantai bersama keluarga, pastinya lebih keren lagi.

Wisata Gunung tirasa di Pinrang
Wisata Gunung Tirasa merupakan obyek wisata alam yang sangat di gemari oleh masyarakat di kota Pinrang sulawesi selatan. Gunung Tirasa memiliki keindahan yang sangat luar biasa, hamparan hijaunya pepohonan serta sejuknya udara pegunungan menambah suasana menarik di gunung ini.

Gunung Tirasa biasanya ramai di kunjungi menjelang hari libur ataupun hari Minggu, banyak wisatawan yang datang berkunjung kesini untuk menikmati indahnya suasana pegunungan dan menikmati suasana alam yang berhampar luas.

Wisata Waterboom Pinrang
Wisata Waterboom merupakan obyek wisata air yang sangat terkenal di kota Pinrang. Wisata yang bernuansa pelangi ini memiliki ukuran kurang lebih 2.450 meter persegi. Berada disini tidak hanya dapat menikmati sejuknya air kolam, akan tetapi dapat pula merasakan dan melihat keindahan panorama alamanya, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang siap memanjakan kehadiran para wisatawan.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.