Akbarpost/Pangkajene dan Kepulauan, dahulu bernama Pangkajene Kepulauan, biasa disingkat Pangkep adalah salah satu kabupaten yang memiliki luas wilayah 12.362,73 km² dengan luas wilayah daratan 898,29 km² dan wilayah laut 11.464,44 km². Asal kata Pangkajene dipercaya berasal dari sungai besar yang membelah kota Pangkep. Pangka berarti cabang, dan Je'ne berarti air. Ini mengacu pada sungai yang membelah kota Pangkep yang membentuk cabang.

Kabupaten Pangkep memiliki potensi yang sangat besar berupa hasil tambang, seperti batu bara, marmer, dan semen. Disamping itu potensi pariwisata alam pun sangat besar. Apa saja sih potensi wisata Pangkep yang membuat teman-teman wajib berkunjung jika lagi berada di tanah Sul-Sel ?

Wisata Pulau Badi
Pulau Badi merupakan obyek wisata pulau  yang sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan menjelang hari libur atau hari minggu, banyak wisatawan yang menghabiskan liburan di pulau ini. Selain pulaunya yang indah wisatawan juga bisa melihat keindahan  trumbu karang, di sekitar pantai juga terdapat jajanan kuliner yang siap memanjakan kehadiran teman-teman. Pulau ini tidak terlalu besar yang hanya dimukim sekitar  300 kepala keluarga. Pulau Badi sangat cocok dikunjungi bersama keluarga ataupun teman kerja,untuk menghilangkan kepenatan setelah bekerja sepanjang waktu.

Wisata Taman Batu Karst Balocci
Taman Batu Karst Balocci merupakan wisata alam yang terkenal. Wisata Taman Batu Karst ini memiliki, spot foto yang menawarkan pemandangan hamparan batu kars berwarna abu abu kehitaman dipadu dengan rerumputan hijau yang seakan memagari kumpulan batu karst. Wisata batu ini sangat cocok bagi wisatawan yang suka petualang ataupun untuk para pecinta alam, karena untuk menuju Wisata Taman Batu Karst ini di butuhkan perjuangan yang keras, namun rasa capek akan terbayarkan setelah sampai dilokasi.

Wisata Bukti Sorongan
Wisata ini merupakan obyek wisata alam yang memiliki ketinggian kurang lebih 730 mdpl. Indahnya panorama alam di lihat dari atas bukit membuat wisatawan pastinya betah berlama lama disana, sambil menikmati udara segar alami pegunungan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, banyak yang melakukan camping atau berkemah menghabiskan malam di bukit ini.

Wisata Pulau Saugi.
Pulau Saugi merupakan wisata pulau yang sangat terkenal di pangkajene dan sekitarnya. Pulau ini berukuran lebih besar dari Pulau Cambang-Cambang dan berpenghuni. Di tepi pulau banyak terlihat hewan laut seperti ikan, kerang, udang dan bintang laut yang tengah dijemur. Hewan laut ini banyak di olah oleh masyarakat setempat menjadi produk tersa kemudian dijual keluar.

Wisata Pulau Langkadea
Pulau Langkadea merupakan obyek wisata pulau tak berpenghuni dengan panorama yang memukau. Untuk ke pulau Langkadea, wisatawan wajib menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar 60 menit dari Pelabuhan Paoetere Makassar.

Wisata Leang Lonrong
Wisata Leang Lonrong merupakan obyek wisata air yang  cukup terkenal di kalangan masyarakat.  Air pegunungan mengalir melalui saluran seluas 4 meter persegi, di tengah bebatuan alami menciptakan nuansa asri, yang jauh dari panas dan polusi perkotaan. Masyarakat seringkali mengisi liburan dengan mengunjungi wisata permandian yang terkenal dengan kesejukan air nya tersebut.

Wisata Pulau Pannambungan
Wisata Pulau Pannambungan merupakan obyek wisata alam yang terkenal di kota pangkajene dan sekitarnya, tepatnya berada di Desa Mattiro Sompe, Kecamatan Liukang Tupabiring. Pulau tersebut menyajikan berbagai keindahan alam, di antaranya hamparan pasir putih, pepohonan pinus, serta jajaran vila yang telah disiapkan pengelola pulau.

Menariknya, pulau tersebut tidak berpenghuni (tidak ada aktivitas masyarakat) sehingga nyaman dijadikan tempat beristirahat.Tidak hanya itu, wisata alam ini memiliki lokasi strategis lantaran dapat ditempuh hanya satu setengah jam dari Pelabuhan Paotere dan Pelabuhan Kayu Bangkoa Makassar. Wisatawan dapat berkendara perahu motor yang kerap disebut “Jolloro”.Selain itu, lokasi tersebut merupakan wisata alam yang ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Warga lokal yang menghuni sekitar kepulauan ini, juga menjadikan Panambungan Island sebagai lokasi rekreasi, sebab lokasi pulau tersebut berada di tengah antara pulau-pulau yang berjejer di Kabupaten Pangkep.Selain itu, keindahan alam bawah laut pulau ini memiliki berbagai keanekaragaman biota laut. Bagi pecinta kuliner, pulau ini senantiasa menyuguhkan makanan laut segar yang langsung dijual oleh nelayan sekitar pulau, di antaranya cumi, lobster, kerang, dan ikan segar lainnya.

Wisata Taman Purbakala
Wisata Taman Purbakala ini sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan menjelang liburan,banyak wisatawan yang datang ke kesini untuk melihat situs situs bersejarah. Dalam wisata ini terdapat dua buah goa yang memiliki peninggalan manusia purba yaitu goa Supang Bita dan Goa Bulu Sumi yang masing-masing disebut Leang Sumpang Bita dan Leang Bulu Sumi. Kedua leang ini letaknya berjauhan, dibatasi oleh bukit kapur.

Pulau Cambang-Cambang

Pulau Cambang-cambang dikenal dengan wisata murah tapi tidak murahan. Disana para wisatawan dapat melihat jernihnya air laut, pesisir pantai dan terumbu karang. Pulau ini sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan menjelang hari minggu ataupun hari libur.

Pulau ini tidak terlalu besar namun memiliki ukuran mini . Menyediakan berbagai macam permainan. Seperti waterboom yang langsung berhubungan dengan laut, Banana boat, Jetski, dan wahana outbound yang seru. Disini teman-teman juga dapat menyaksikan momen tenggelamnya matahari atau sunset yang akan menjadi momen terindah buat dan tak terlupakan oleh teman-teman.

Pulau Kapoposang
Pulau Kapoposang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Pangkep. Namun, teman-teman bisa berkunjung kesana melalui Pelabuhan Paotere di Makassar. Keindahan baharinya selalu menjadi alasan bagi turis lokal maupun mancanegara untuk berkunjung. Momen sunset juga tak boleh dilewatkan saat berlibur di sini.

Di pulau ini, teman-teman bisa menemukan berbagai macam terumbu karang serta biota laut yang berwarna-warni. Terdapat total 14 spot diving, diantaranya Januar Point, Aquarium Point, dan Tanjung Point. Selain itu ada juga Shark Point, dimana pengunjung bisa merasakan sensasi menyelam bersama hiu. Tak heran jika tempat ini menjadi surga bagi para penyelam.

Spot lain yang bisa teman-teman kunjungi selama di Pulau Kapoposang adalah Turtle Point. Wilayah ini merupakan habitat asli dan tempat bertelurnya penyu sisik. Teman-teman boleh melihat, namun jangan sampai mengganggu. Sebab hewan ini diawasi oleh Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional.

Wisata Dufan Mattampa
Wisata Dufan Mattampa merupakan wisata air yang terkenal di kota pangkajene dan sekitarnya.Permandian mattampa terletak di pinggir jalan poros kabupaten pangkep, lokasinya sekitar 60 km dari kota Makassar dan dapat di tempuh selama satu sampai dua jam menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Di tempat ini teman-teman bisa menikmati beberapa wahana menarik seperti sepeda air, komedi putar, kereta wisata, water boom, flying fox, dan di lengkapi kolam renang. biaya masuk yang cukup murah hanya Rp 3.000 untuk anak-anak dan Rp 5.000 untuk orang dewasa, membuat tempat ini selalu ramai terutama saat libur sekolah.

Namun untuk masuk ke wilayah pemandian anda harus membayar sekitar Rp 15.000 untuk sekali masuk. Lumayan murah untuk masuk ke wisata air dengan seluncuran yang menguji adrenalin dan menguji keberanian. Di pemandian mattampa sudah di sediakan tiga kolam renang, untuk anak-anak yang sangat dangkal, dewasa atau profesional dengan kedalaman kolam empat meter lebih, dan kolam renang sedang untuk seluncuran dari ke ketinggian sepuluh meter. salah satu permainan penguji adrenalin di water boom mattampa adalah flying fox. Hanya saja permainan ini hanya di buka pada hari sabtu dan minggu saja, dengan biaya Rp 5.000 sekali naik anda sudah dapat merasakan sensasi terbang di atas kolam renang.

Di pemandian mattampa tersedia juga goa yang bisa kita masuki atau menguji keberanian masing-masing. Di dalam goa banyak ukiran-ukiran, bentuk-bentuk tangan, patung dan endapan air yang sudah lama sekali dan menjadi bentuk sedemikian rupa. jika kita ingin memasuki goa kita harus menyediakan senter, korek api, hp dan lain-lain yang bisa menerangi dan juga bila kita tersesat pada saat kita di dalam goa.

Wisata Taman Purbakala Sumpang Bita
Wisata Taman Purbakala Sumpang Bita merupakan obyek wisata sejarah yang sangat terkenal. Kompleks Gua Sumpang Bita terdiri atas dua leang masing-masing disebut Leang Sumpang Bita dan Leang Bulu Sumi. Kedua leang ini letaknya berjauhan, dibatasi oleh bukit kapur. Leang Sumpang Bita, memiliki langit-langit yang tinggi dan melandai ke belakang. Mulut gua menghadap ke timur (N.90° E). Leang ini terletak 150 m dari permukaan tanah atau 280m diatas permukaan laut. Kelembaban dan hasil kelapukan 40% dengan PH 6,6. Ukuran mulut leang adalah tinggi 10m dan lebar 14m, sedangkan dalamnya 50m.

Temuan di Leang Sumpang Bita didominasi oleh lukisan dinding gua (rock art) yang cukup banyak dan tidak ditemukan sampah dapur (kitchenmidden) serta alat litik yang representative maka dapat dikatakan bahwa Leang Sumpang Bita adalah tempat upacara sakral. Pada ruang bagian utara terdapat sebuah lukisan berupa babirusa (Elaphurus davidanus) yang sedang meloncat. Didepan lukisan tersebut terdapat sejumlah lukisan cap tangan. Ada pula lukisan sampan yang di atasnya terdapat lukisan dua ekor babirusa dengan posisi kepala ke bawah.

Wisata Gua Alam Leang Pa’niki
Wisata Gua Alam Leang Pa’niki merupakan obek wisata alam yang terkenal. Wisata Gua Alam Leang Pa’niki berada di kawasan resort tondong tallasa. leang pa’niki merupakan gua berair untuk melakukan eksplorasi di butuhkan peralatan pendukung untuk menelusuri gua guna untuk menikmati ornamen-ornamen dalam gua yang sangat indah dan menajubkan.

Wisata Gua Alam Leang Pa’niki ini sangat cocok sekali buat para petualang maupun pecinta alam,karena untuk menuju ke Wisata Gua Alam Leang Pa’niki di butuhkan perjuangan yang keras dan juga fisik yang kuat karena untuk menuju ke gua ini banyak sekali rintangan dan halangan karena jalan yang di lalui juga masih terjal.namun rasa lelah pastinya akan terbayarkan setelah sampai di Wisata ini.

Air Terjun Baruttung
Air Terjun Baruttung terletak di Paranglombasan, Kecamatan Tondong Tallasa, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat mengagumkan.

Air Terjun Cambang Cui
Air Terjun Cambang Cui terletak di Buhung, Balleangin, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Air terjun ini memiliki aliran air yang sangat deras. Makanya berada disekitar air terjun ini akan terasa sejuk dan nyaman.

Dermaga Biring Kassi
Dermaga Biring Kassi terletak di Bowong Cindea, Kecamatana Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Suangga
Air Terjun Suangga terletak di Balleangin, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Taman Musafir
Taman Musafir terletak di Padoang Doangan, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.












Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.