Kabupaten Barru terbentuk pada tanggal 20 Februari 1960 berdasarkan Undang-Undang Nomor 229 tahun 1959 tentang pembentukan Daerah-daerah Tingkat II di Sulawesi Selatan. Kabupaten Barru terbagi dalam 7 Kecamatan yang memiliki 40 Desa dan 14 Kelurahan. Ibu kota kabupaten ini terletak di kota Barru. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.174,72 km² dan berpenduduk sekitar 159.235 jiwa.

Secara geografis, Kabupaten Barru terletak pada 4°00' - 5°35' Lintang Selatan dan 199°35' - 119°49' Bujur Timur. Wilayahnya berada di bagian barat daratan Pulau Sulawesi sekitar kurang lebih 102 Km sebelah utara Kota Makassar. Kabupaten Barru mempunyai ketinggian antara 0-1.700 meter diatas permukaan laut dengan bentuk permukaan sebahagian besar daerah kemiringan berbukit hingga bergunung-gunung.

Wilayah bertopografi perbukitan hingga pegunungan berada di sebahagian besar wilayah tengah hingga timur dan selatan yang sebagiannya juga merupakan kawasan karst. Sebahagian lainnya merupakan daerah datar, landai hingga pesisir. Kabupaten Barru merupakan daerah pesisir pantai yang cukup panjang. Garis pantai mencapai 87 Km sehingga merupakan kabupaten dengan pesisir pantai terpanjang di Sulawesi Selatan.

Kabupaten Barru dahulu sebelum terbentuk adalah sebuah kerajaan kecil yang masing-masing dipimpin oleh seorang raja, yaitu: Kerajaan Berru (Barru), Kerajaan Tanete, Kerajaan Soppeng Riaja dan Kerajaan Mallusetasi.

Pada masa pemerintahan Belanda dibentuk Pemerintahan Sipil Belanda di mana wilayah Kerajaan Barru, Tanete dan Soppeng Riaja dimasukkan dalam wilayah Onder Afdelling Barru yang bernaung di bawah Afdelling Pare-pare. Sebagai kepala Pemerintahan Onder Afdelling diangkat seorang control Belanda yang berkedudukan di Barru, sedangkan ketiga bekas kerajaan tersebut diberi status sebagai Self Bestuur (Pemerintahan Kerajaan Sendiri) yang mempunyai hak otonom untuk menyelenggarakan pemerintahan sehari-hari baik terhadap eksekutif maupun dibidang yudikatif.

Apa saja sih keindahan dan keunikan yang membuat Barru wajib untuk di kunjungi jika sedang berada di tanah Sulawesi?

Celebes Canyon

Barru memiliki Celebes Canyon yang sangat menakjubkan. Perpaduan antara tebing bebatuan karst dengan aliran sungai Ule’ yang mengalir diantara celah bebatuan menghadirkan sensasi keindahan yang sangat mengagumkan. Celebes Canyon terletak di Dusun Watu, Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru.

Sungai Salopuru


Barru memiliki destinasi wisata bernama Sunagi Salopuru. Sebuah sungai yang memiliki aliran yang sangat tenang dengan pemandangan sekitar yang sangat alami serta disekitaran sungai ini ditumbuhi dengan bunga-bunga liar yang sangat indah dan mempesona. Sungai ini terletak di Desa Kemiri, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru.

Hutan Pinus
Barru memiliki deretan kawasan hutan pinus yang sering disebut Lajoangin. Kawasan alami yang sangat eksotis sangat cocok sebagai tempat melepas jenuh atau menghabiskan waktu libur. Deretan pohon pinus yang menjulang tinggi menjadi ciri khas dari tempat ini dan pastinya akan membuatmu kagum. Hutan pinus Lajoangin terletak di di Desa Harapan, Tanete Riaja, Kabupaten Barru.

Lappa Laona


Barru memiliki puncak Lapppa Laona yang akan membuat kehadiranmu semakin berkesan. Lappa Laona merupakan padang rerumputan hijau yang nampak indah di daerah ketinggian. Bahkan banyak wisatawan yang mampir di sini hanya untuk menikmati area puncak yang diselimuti dengan awan di pagi hari. Sekaligus sangat cocok mendirikan tenda untuk berkemah. Lappa Laona terletak di Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru.

Bukit Maddo

Barru memiliki Bukit Maddo. Bukit ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Dari bukit ini teman-teman dapat menyaksikan keindahan sunrise dan sunset. Namun jika ingin berkunjung kesini, harap teman-teman menyiapkan tenaga karena perjalanan menuju ke bukit ini akan sedikit menguras tenaga dengan kondisi jalan yang menanjak. Bukit Maddo terletak di Dusun Maddo Desa Tellumpanua Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru.

Bukit Lakeppo


Barru memiliki Bukit Lakeppo. Sebuah bukit yang memiliki hamparan padang rumput yang luas. Bukan cuman itu, namun salah satu keunikan dari bukit ini karena di bukit ini terdapat sebatang pohon yang tumbuh sendiri ditengah hamparan rumput. Pohon ini sering disebut pohon jomblo karena kesendiriannya. Bukit Lakeppo terletak di Dusun Lakeppo, Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru.

Coppo Kappire
Barru memiliki destinasi wisata bernama Coppo Kappire. Sebuah destinasi wisata yang terletak di puncak gunung. Dari puncak sini, pengunjung dapat menikmati keindahan kota Barru. Namun untuk sampai ke puncak ini, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam. Karena itu butuh persiapan yang cukup sebelum melakukan perjalanan ke puncak ini. Coppo Kappire terletak di Dusun Pange, Desa Palakka, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

Batu Mallopie


Barru memiliki destinasi wisata bernama Batu Mallopie. Hamparan bantu dengan ukuran besar berbentuk perahu. Di tambah lagi dengan keindahan alam yang tersaji dan sangat mengagumkan disekitar batu membuat pengunjung wajib mengabadikan momen di tempat ini. Batu Mallopie terletak di Desa Lompo Riaja, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru.

Air Terjun Waesai
Barru memiliki destinasi wisata air terjun bernama Waesai. Air terjun Waesai memiliki pemandangan alam yang mengagumkan. Namun untuk sampai ke lokasi air terjun ini pengunjung harus menyiapkan cukup tenaga karena akses jalan yang cukup menantang dan berkelok. Namun lelah akan segera terbayarkan dengan keindahan alam disekitar air terjun ini. Lingkungan yang alami serta gemercik air yang mengalir dan jatuh seakan menampar dinding tebing batu membuat pengunjung pastinya semakin betah. Air terjun Waesai terletak di Desa Lomporiaja, Kecamatan Tanate Riaja, Kabupaten Barru.

Air Terjun Manuba


Barru memiliki air terjun Manuba. Air terjun yang sangat menawan jatuh dari ketinggian kira-kira 20 meter menyentuh tebing bebatuan dengan rimbunnya pohon disekitar tebing. Suasana disekitar air terjun ini sangat alami dan mengagumkan sehingga tak ada alasan untuk tidak mengabadikan momen di air terjun ini. Air terjun Manuba terletak di Desa Manuba, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru.

Air Terjun Batulappa

Barru memiliki air terjun Batulappa, air terjun yang sering pula disebut Air terjun Sarang Burung karena di lokasi air terjun ini akan terdengar banyak kicauan burung disekitar destinasi ini. Namun untuk sampai ke lokasi air terjun ini, pengunjung wajib menyiapkan tenaga yang cukup karena akses jalan yang sangat sulit. Namun percayalah, jika keindahan alam air terjun ini akan membuat pengunjung terdecak kagum akan eksotisnya. Air terjun ini terletak di Dusun Batulappa, Desa Tompo, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

Pantai Ujung Batu

Barru memiliki destinasi wisata bernama Pantai Ujung Batu. Sebuah pantai yang indah nan sejuk membuat keberadaan pengunjung di pantai ini akan betah. Hembusan angin laut serta lekukan pantai akan membuat mata terbelalak akan keindahannya. Pantai ini terletak di Desa Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

Pantai Padongko

Barru memiliki destinasi wisata bernama Pantai Padongko. Sebuah pantai yang menyajikan keindahan yang sangat eksotis. Di pantai ini pengunjung dapat menyaksikan matahari terbenam atau sunset di sore hari. Pantai ini terletak di kawasan Bola Pitue, Kelurahan Mangngempang, Kecamatan Barru.

Pulau Dutungan


Barru memiliki destinasi wisata bernama Pulau Dutungan. Sebuah pulau yang menyajikan hamparan pasir putih serta keindahan bawah laut yang begitu menakjubkan. Pulau ini terletak di Desa Palanro, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru.

Pulau Pannikiang
Barru memiliki destinasi wisata bernama Pulau Pannikiang atau disebut pula Pulau Kelelawar. Pulau ini disebut pulau kelelawar karena di pulau ini dihuni oleh habitat kelelawar, bahkan ada yang menyebut jika jumlah kelelawar yang menghuni pulau ini berjumlah jutaan ekor. Keindahan pulau ini membuat para pengunjung tidak hanya datang untuk menghabiskan hari libur namun pulau ini sering pula dijadikan sebagai lokasi prawedding. Pulau ini terletak di Madello, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

Makanya tunggu apalagi, ayo berkunjung ke Barru.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.