Maccubu’ berasal dari kata cubbu yang berarti sembunyi. Termasuk ke dalam permainan ini adalah Mallojo-lojo, Ma’enggo, Mappalolekka, dan Mallonci. Pada zaman dahulu, dimainkan pada bulan purnama dimana ketika itu anak-anak keluar rumah bermain bersuka cita. Merupakan permainan rakyat yang sangat disukai oleh kalangan anak-anak.

Permaianan ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, dimana permaianan ini dimulai dari adanya kesepakatan dari semua anggota dalam permainan untuk menentukan satu orang pemain yang bertidak sebagai pelaku yang bertugas untuk menjaga satu tanda yang sudah disepakati. Sedangkan yang pemain yang lain akan bersembunyi sebaik mungkin agar tidak mudah terlihat oleh sang penjaga.

Setelah itu, sang penjaga memberi waktu bagi pemain lain untuk bersembunyi. Disertai dengan tanda berupa hitungan untuk membatasi waktu pemaian untuk bersembunyi. Setelah hitungan kesepulah, biasanya sang penjaga akan menyusuri tempat sekitar untuk mencari satu persatu pemain yang sedang bersembunyi.

Pemain yang pertama kali ditemukan oleh sang penjaga akan menjadi penjaga berikutnya setelah sang penjaga menyelesaikan misinya untuk menemukan seluruh pemaian yang bersembunyi. Hal ini akan terus bergulir kepada pemain seiirng dengan ditemukankan terlebih dahulu oleh sang penjaga dan begitu seterusnya.

Permaianan ini termasuk permainan yang sangat digemari oleh anak-anak namun saat ini sudah mulai hilang karena dipengaruhi oleh perkembangan tekhnologi berupa hadirnya gedget yang seakan menyita waktu anak-anak untuk tidak lagi memainkan permainan tradisonal tetapi lebih cendrung bermain game online.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.