Air Terjun Karawa
Air Terjun Karawa merupakan salah satu tempat wisata air terjun yang berada di Desa karawa, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan. Pinrang terletak sekitar 185 km dari kota Makassar, memiliki luas wilayah mencapai kurang lebih 1.961,77 kilometer².

Berbatasan dengan Tana Toraja di sebelah utara, sebelah selatan berbatasan dengan kota Pare-pare, sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Sidenreng Rappang dan Enrekang, dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Polmas Provinsi Sulawesi Barat dan Selat Makassar. Air terjun ini berjarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat kota dengan jarak tempuh kurang lebih 1 sampai 1,5 jam.

Wisata ini dapat diakses melalui kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Baik berupa kendaraan roda empat maupun roda dua, tapi sekedar saran sih, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi biar tidak bingung dan susah untuk mencari jasa ojek. Maaf akses untuk angkot sangat terbatas.

Untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke air terjun karawa ini harus melakukan perjalanan menuju lokasi PLTA Bakaru, setelah mendapat gapura yang ada tulisannya "PLTA Bakaru", pintu gerbang ini merupakan pintu masuk menuju wisata Air Terjun Karawa . kerennya lagi karena gerbang ini bukan hanya pintu masuk ke Air Terjun Karawa namun pintu masuk untuk puluhan wisata yang ada di kota ini, namun hanya air terjun ini yang memiliki akses paling dekat.

Air Terjun Karawa
Untuk menuju lokasi teman-teman harus menempuh perjalanan sejauh 1 kilometer dari jalan poros kecamatan. Kondisi jalan yang menanjak dan berkelok membuat teman-teman akan sedikit mengeluarkan tenaga dan keringat untuk sampai ke lokasi ini.

Namun setelah sampai dilokasi air terjun, maka lelah yang teman-teman rasakan akan terganti dan terobati dengan indahnya perawakan air terjun ini. jernihnya air, rimbunan dan rindangnya pepohonan, alaminya alam, kilauan bebatuan yang tergilas air, tingginya tebing dengan konstur bebatuan tersusun rapi melingkar dan menyatu, hingga menjadikan pesona air terjun ini sangat unik dan mempesona.

Air Terjun Karawa adalah salah satu obyek wisata baru yang mulai dipromosikan pemerintah daerah sebagai salah satu destinasi wisata.Pada akhir pekan, lokasi air terjun yang asri dan sejuk ini banyak dipadati warga dan siswa untuk merileksasi diri. Air terjung ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter lebih yang berada di puncak gunung Karawa.

Selain dengan nama Air Terjun Karawa masyarakat setempat juga mengenal air terjun ini dengan sebutan Air Terjun Batu Korang. Maaf penulis tidak bisa menjelaskan tentang makna atau arti dari Batu Korang.
Air Terjun Karawa
Dengan suasana alamnya yang masih sangat asri, alami, dan masih terbilang sepi sehingga teman-teman masih bisa luasa menikmati keindahan air terjun atau merasakan kesegaran airnya tanpa merasa terganggu. Selain itu, kelebihan dari air terjun ini karena bentuknya yang unik dan menawan, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat yang sangat private untuk liburan tenangnya suasana, sejuknya, syahdunya suara alam dengan alunan rintik suara air menjadi nilai tambah dari air terjun ini.

Soal biaya masuk, jangan risau karena secangkir kopi dari warung tetangga sudah lebih dari cukup. Makanya buruan kesini, sayang loh jika berada di kota ini namun tak menyempatkan diri untuk mengunjungi spot wisata yang satu ini.


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.