Siapa bilang Bone tidak memiliki pesona air terjun yang menawan. Jangan-jangan belum pernah berkunjung ke kota ini yah. makanya, yuk jalan-jalan kesini biar tahu tempat wisata yang menarik dikunjungi di kota ini. sebagai petunjuk awal, penulis akan mencoba memperkenalkan beberapa wisata air terjun yang dimiliki oleh kota ini.
1) Air Terjun Lamassua

Air terjun Lamassua terletak di perbatasan dua kabupaten yakni di Kabupaten Bone dan Kabupaten Pangkep, tepatnya di Desa Bonto Masunggu. Air terjun ini memiliki keunikan dari modelnya yang bertingkat dan bagian atasnya bercabang-cabang. Akses wisata ini dapat ditempuh kurang lebih 2-3 jam dari kota
Bone. Setelah sampai di kawasan parkir, teman-teman harus kembali mempersiapkan tenaga karena harus mendaki selama 30 menit lagi untuk sampai ke spot wisata air terjun ini.

2) Air Terjun Patukku
Air Terjun Patukku terletak di perbatasan tiga kabupaten yakni kabupaten Bone, Gowa dan Maros. Air terjun ini di juluki Pattuku karena letaknya yang berada di ujung paling selatan. Tepatnya di Bontocani. Untuk mencapai air terjun ini dari pusat kota Bone harus ditempuh selama 3 jam. Salah satu daya tarik dari air terjun ini karena banyaknya hamparan bebatuan besar yang mengkilau terkilas tumpahan air dari tebing.

3) Air Terjun Sailawowong
Air Terjun Sailawowong disebut pula air terjun Ponre. terletak di Dusun Leppeng, Tellu Boccoe, Bengo, Bone, Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 1 jam atau sekitar 65 kilometer dari pusat kota Bone . Wisata ini menyuguhkan guyuran air tidak hanya satu, tumpah dari mulut dinding tebing dengan debit yang sangat deras.

4) Air Terjun Bulu Tana
Air Terjun Bulu Tana ini terletak di Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. air terjun ini memiliki karakteristik tersediri, bukan hanya nampak tebing batu namun disekitarnya ditumbuhi oleh pepohonan yang menghijau. debit airnya tidak terlalu deras namun keindahannya sangat menawan. 

5) Air Terjun Maccading
Air Terjun Maccading terletak di Taccipi, Ulaweng, Bone, Sulawesi Selatan. Air terjun ini memiliki pesona yang sangat menawan, tumpah dari tebing yang memiliki ketinggian sekitar 10 - 15 meter. keunikan dari air terjun ini karena tumpahnya melebar hingga seakan menutupi seluruh dinding batu.

6) Air Terjun Baruttung
Air Terjun Baruttung terletak di Dusun Pao, Bana, Bontocani, Bone, Sulawesi Selatan. Air terjun yang terletak di selatan Kabupaten Bone, berjarak 15 kilometer dari ibu kota Kecamatan Bontocani. Air terjun ini memiliki ketinggian 100 meter dengan debit air yang sangat keras terhempas kedalam sebuah kolam alami dengan luas 10 meter dengan kedalaman 1 hingga 4 meter. Air terjun ini merupakan hulu dari Sungai Tangka yang merupakan tanda pembatas alam antara Kabupaten Bone dengan Kabupaten Sinjai.

7) Air terjun Ulu Pere
Air terjun Ulu Pere terletak di Desa Bonto Jai, Bontocani, Bone, Sulawesi Selatan. Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat eksotik, dengan suguhan panorama alamnya yang begitu memukau, lewat deretan air terjunnya yang bertingkat-tingkat, menyerupai deretan sarah yang ada di kaki bukit. Untuk menuju ke lokasi obyek, jarak tempuh yang akan sekitar 107 kilometer dari ibu kota kabupaten.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.