Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom

Hello sahabat Akbarpost, apakah Anda sedang mencari platform pembelajaran daring yang mudah digunakan dan terintegrasi dengan Google? Jika iya, Anda mungkin sudah familiar dengan Google Classroom.

Artikel ini akan membahas kelebihan dan kekurangan dari platform pembelajaran daring ini, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat.

Apa itu Google Classroom?

Google Classroom adalah platform pembelajaran daring gratis yang dikembangkan oleh Google. Dengan menggunakan Google Classroom, guru dapat membuat dan mengatur kelas daring, membagikan tugas, memberikan umpan balik, dan berkomunikasi dengan siswa. Siswa juga dapat mengakses semua materi pembelajaran, mengumpulkan tugas, dan berkomunikasi dengan guru dan teman sekelas.

Kelebihan Google Classroom

1. Mudah digunakan

Google Classroom dirancang untuk mudah digunakan bagi guru dan siswa. Tampilannya mirip dengan Google Drive, sehingga pengguna yang sudah terbiasa dengan Google Drive dapat dengan mudah menggunakannya. Selain itu, Google Classroom juga memiliki fitur-fitur yang intuitif dan mudah dipahami, seperti membuat tugas, mengunduh dan mengunggah file, dan memberikan umpan balik.

2. Terintegrasi dengan Google Apps

Google Classroom terintegrasi dengan Google Apps, seperti Google Drive, Google Docs, dan Google Sheets. Hal ini memudahkan guru untuk membuat, mengatur, dan membagikan tugas, serta memungkinkan siswa untuk bekerja sama dalam dokumen dan presentasi.

3. Memungkinkan kolaborasi

Dengan Google Classroom, siswa dapat berkolaborasi dengan teman sekelas dalam tugas, diskusi, dan proyek. Hal ini memungkinkan siswa untuk belajar secara sosial dan memperdalam pemahaman mereka tentang materi pembelajaran.

4. Terintegrasi dengan Google Meet

Google Classroom terintegrasi dengan Google Meet, yang memungkinkan guru untuk mengadakan kelas daring secara langsung. Hal ini memudahkan guru untuk memberikan pengajaran secara langsung kepada siswa dan memberikan umpan balik secara langsung.

5. Memudahkan pengaturan kelas

Google Classroom memudahkan pengaturan kelas, seperti menambahkan siswa ke kelas, menghapus siswa dari kelas, dan mengatur jadwal pengiriman tugas. Hal ini memudahkan guru untuk mengatur dan mengelola kelas dengan lebih efisien.

Kekurangan Google Classroom

1. Terlalu terfokus pada Google Apps

Google Classroom terlalu terfokus pada Google Apps, sehingga tidak mendukung integrasi dengan aplikasi pembelajaran lainnya. Hal ini dapat menjadi masalah bagi guru dan siswa yang ingin menggunakan aplikasi pembelajaran lainnya.

2. Tidak memiliki fitur evaluasi yang lengkap

Google Classroom tidak memiliki fitur evaluasi yang lengkap, seperti ujian online dan survei. Hal ini dapat menjadi kendala bagi guru yang ingin mengadakan evaluasi secara daring, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

3. Tidak dapat digunakan secara offline

Google Classroom tidak dapat digunakan secara offline, sehingga siswa yang tidak memiliki akses internet tidak dapat mengakses materi pembelajaran. Hal ini dapat menjadi kendala bagi siswa yang tinggal di daerah yang sulit dijangkau oleh sinyal internet.

4. Batasan pada jumlah pengguna

Google Classroom memiliki batasan pada jumlah pengguna, yaitu maksimal 250 pengguna per kelas. Hal ini dapat menjadi kendala bagi guru yang mengajar di kelas dengan jumlah siswa yang lebih banyak dari batas maksimal tersebut.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Classroom?

Untuk menggunakan Google Classroom, Anda perlu memiliki akun Google. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Google Classroom di browser Anda atau unduh aplikasinya di perangkat mobile Anda.
  2. Masuk ke akun Google Anda.
  3. Buat kelas dan tambahkan siswa ke dalam kelas tersebut.
  4. Buat tugas dan bagikan ke siswa.
  5. Beri umpan balik pada tugas yang sudah dikumpulkan siswa.

Faq

1. Apakah Google Classroom gratis?

Ya, Google Classroom adalah platform pembelajaran daring gratis yang dikembangkan oleh Google.

2. Apakah saya perlu memiliki akun Google untuk menggunakan Google Classroom?

Ya, Anda perlu memiliki akun Google untuk menggunakan Google Classroom.

3. Berapa maksimal jumlah pengguna dalam satu kelas di Google Classroom?

Maksimal jumlah pengguna dalam satu kelas di Google Classroom adalah 250 pengguna.

4. Apakah Google Classroom dapat digunakan secara offline?

Tidak, Google Classroom tidak dapat digunakan secara offline.

5. Apakah Google Classroom terintegrasi dengan Google Meet?

Ya, Google Classroom terintegrasi dengan Google Meet, yang memungkinkan guru untuk mengadakan kelas daring secara langsung.

6. Apakah Google Classroom dapat digunakan untuk mengadakan ujian online?

Google Classroom tidak memiliki fitur evaluasi yang lengkap, sehingga tidak dapat digunakan untuk mengadakan ujian online secara langsung.

7. Apakah Google Classroom dapat digunakan untuk mengajar anak-anak usia sekolah dasar?

Ya, Google Classroom dapat digunakan untuk mengajar anak-anak usia sekolah dasar. Namun, diperlukan bantuan orang tua atau pengawas untuk membimbing anak-anak dalam menggunakan platform ini.

Kesimpulan

Google Classroom adalah platform pembelajaran daring gratis yang mudah digunakan dan terintegrasi dengan Google Apps. Dengan Google Classroom, guru dapat membuat dan mengatur kelas daring, membagikan tugas, memberikan umpan balik, dan berkomunikasi dengan siswa.

Siswa juga dapat mengakses semua materi pembelajaran dari satu tempat, mengumpulkan tugas, dan berinteraksi dengan guru dan teman sekelas. Namun, Google Classroom juga memiliki kelemahan, seperti keterbatasan pada fitur evaluasi dan survei, ketergantungan pada akses internet, dan batasan pada jumlah pengguna dalam satu kelas.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan gambaran yang jelas tentang kelebihan dan kekurangan Google Classroom. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya terima kasih sudah membaca!