3 Tempat Wisata yang Dekat dengan Stasiun Babakan Gebang, Cirebon

Cirebon merupakan salah satu kota yang terkenal dengan kekayaan sejarah dan budayanya. Selain itu, Cirebon juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Jika Anda sedang berada di Cirebon dan ingin mengunjungi tempat wisata yang dekat dengan stasiun Babakan Gebang, artikel ini akan memberikan informasi yang berguna untuk Anda.

Lokasi Stasiun Babakan Gebang, Cirebon

Stasiun Babakan Gebang, Cirebon terletak di Desa Babakan Gebang, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat. Stasiun ini menjadi salah satu stasiun kereta api yang cukup ramai dilalui oleh kereta api di wilayah Cirebon.

Tempat Wisata Dekat Stasiun Babakan Gebang, Cirebon

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang dekat dengan stasiun Babakan Gebang, Cirebon:

1. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon adalah istana kesultanan Cirebon yang menjadi simbol kejayaan masa lalu Kerajaan Cirebon. Berbagai benda peninggalan kesultanan Cirebon dapat ditemukan di dalam keraton ini. Selain itu, keraton ini juga memiliki arsitektur dan desain bangunan yang unik dan indah.

Sejarah Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon didirikan pada tahun 1529 oleh seorang raja bernama Prince Cakrabuana. Pada masa itu, Keraton Kasepuhan Cirebon berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan kebudayaan Kerajaan Cirebon.

Fasilitas di Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon memiliki berbagai fasilitas untuk para pengunjung, di antaranya:

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Musholla
  • Toko suvenir
  • Pemandu wisata

Harga Tiket Masuk Keraton Kasepuhan Cirebon

Harga tiket masuk Keraton Kasepuhan Cirebon adalah sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000 per orang. Namun, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

2. Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan salah satu tempat wisata yang menarik di Cirebon. Taman ini memiliki arsitektur dan desain bangunan yang unik, serta di dalamnya terdapat gua yang menarik untuk dijelajahi.

Sejarah Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi awalnya dibangun sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan Cirebon pada abad ke-17. Namun, seiring berjalannya waktu, tempat ini dijadikan sebagai objek wisata yang menarik.

Fasilitas di Taman Sari Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi memiliki berbagai fasilitas untuk para pengunjung, di antaranya:

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Toko suvenir
  • Pemandu wisata

Harga Tiket Masuk Taman Sari Gua Sunyaragi

Harga tiket masuk Taman Sari Gua Sunyaragi adalah sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000 per orang. Namun, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

3. Museum Tekstil Cigugur

Museum Tekstil Cigugur merupakan museum yang memamerkan berbagai jenis kain tradisional dan mesin-mesin tenun yang digunakan oleh masyarakat Cirebon pada masa lampau.

Sejarah Museum Tekstil Cigugur

Museum Tekstil Cigugur didirikan pada tahun 2005 oleh seorang pengusaha tekstil bernama Yayat Supriatna. Tujuan dari pendirian museum ini adalah untuk melestarikan warisan budaya tekstil Cirebon.

Fasilitas di Museum Tekstil Cigugur

Museum Tekstil Cigugur memiliki berbagai fasilitas untuk para pengunjung, di antaranya:

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Toko suvenir
  • Pemandu wisata

Harga Tiket Masuk Museum Tekstil Cigugur

Harga tiket masuk Museum Tekstil Cigugur adalah sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000 per orang. Namun, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Kesimpulan

Cirebon memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, termasuk yang dekat dengan stasiun Babakan Gebang. Keraton Kasepuhan Cirebon, Taman Sari Gua Sunyaragi, dan Museum Tekstil Cigugur adalah beberapa contoh tempat wisata yang dapat menjadi pilihan Anda jika ingin berwisata di Cirebon. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan wisata ke Cirebon.